UNG Bersama Mahkamah Konstitusi Helat Kegiatan Kemah Konstitusi

Oleh: Susanti Gunibala, S.Pd . 3 Oktober 2017 . 11:07:00

GORONTALO - Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar kegiatan berskala regional yakni kegiatan Kemah Konstitusi. Kegiatan yang akan dipusatkan di Pentadio Resort tersebut, secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Fence Wantu, SH,MH, Senin (2/10),.

Kemah konstitusi yang dilaksanakan selama 4 hari mendatang, melibatkan 59 peserta yang merupakan perwakilan 15 Sekolah di wilayah Sulawesi. "Melalui wadah kegiatan kemah konstitusi, para siswa akan dididik dan diberikan pemahaman akan hak konstitusi sebagai warga negara Indonesia," ungkap Ketua Panitia Hamid Tome, SH, MH,.

Ketua MK melalui Panitera Muda Mahkamah Konstitusi Muhidin, SH, MH, menuturkan, agenda kemah konstitusi yang dilaksanakan di UNG merupakan bagian implementasi kerjasama dengan MK, dalam upaya menyiarkan hal-hal berkaitan dengan konstitusi warga negara.

"MK sangat berbangga memiliki mitra kerja strategis seperti UNG, yang benar-benar penuh kesungguhan bekerjasama dengan MK," ungkapnya.

Sementara itu menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNG Dr. Fence, dipilihnya Fakultas Hukum UNG sebagai pelaksana kemah konstitusi menjadi kebanggaan tersendiri bagi UNG. Dr. Fence mengharapkan melalui kegiatan ini, generasi muda khususnya siswa peserta dapat memahami hak konstitusinya sebagai warga negara yang baik.

"Pemahaman akan konstitusi sudah seharusnya dapat ditanamkan sejak dini kepada masyarakat. Sehingga masyarakat sebagai warga negara dapat taat dan patuh dengan konstitusi yang berlaku di Indonesia," pungkas Dr. Fence.

Pembukaan kemah konstitusi kali ini, turut dirangkaian dengan Seminar Nasional menakar urgensi penguatan kewenangan mahkamah konstitusi dalam hal Constitusional complaint sebagai pelaksanaan fungsi perlindungan hak-hak konstitusional warga negara. (wahid)

#humasung

Agenda

13 Februari 2018

Coaching Peserta Perogram Pertukaran Mahasiswa LPTK UNG 2018

Pembekalan terhadap mahasiswa calon peserta program Pertukaran Mahasiswa LPTK/ Permata 2018

5 Februari 2018

Penandatanganan Nota Kesepahaman UNG -Pemda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Penandatangan Nota Kesepahaman antara pihak Universitas Negeri Gorontalo dengan Pemerintah Daerah Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara di Ruang Rapat Rektor, Lt. 3 Gedung Rektorat UNG

24 Januari 2018

Rapat Panitia Program Permata

Rapat pembahasan terkait program Permata oleh pantia program bersama Wakil Rektor IV UNG

26 September 2017

Rapat Pembahasan Program Internasionalisasi Mahasiswa

Rapat dalam rangka membicaakan program Internasionalisasi Mahasiswa oleh UPT. Kerja Sama dan Layanan Internasional