UNG Jalin Kerjasama Dengan Universitas Colorado Boulder dan 6 Perguruan Tinggi Nasional

Oleh: Dr. Suleman Bouti, S.Pd, M.Hum . 17 September 2017 . 12:10:00

GORONTALO – Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dibidang riset menjadi salah satu fokus Universitas Negeri Gorontalo dalam mewujudkan visi leading University ditahun 2035. Untuk mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas dibidang riset, UNG menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi asal Amerika Universitas Colorado Boulder dengan enam Perguruan Tinggi lainnya, yakni Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB) Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Universitas Muhammadiah Gorontalo (UMG).

Kerjasama antara UNG dengan enam Perguruan Tinggi Nasional dan satu Perguruan Tinggi asal Amerika tersebut, merupakan kolaborasi riset dalam wadah Center For Development of Sustainable Region (CDSR) dengan topik Environment, Energy and Maritime Science. Program hibah yang diluncurkan pada Maret 2017 oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dan Pemerintah Amerika Serikat, tersebut diberi nama USAID’s Sustainable Higher Education Research Alliances (USAID SHERA) dengan nilai Hibah yang mencapai 20 juta dolar dimana UGM sebagai lead program.

Penelitian kolaborasi antar perguruan tinggi ini ditujukan untuk meningkatkan jumlah penelitian-penelitian bertaraf Internasional di perguruan tinggi di Indonesia dibidang lingkungan dan keberlanjutan energi terbarukan. Kegiatan riset akan dilakukan selama 4 (empat) tahun di UNG dengan tim management adalah dosen Fak. MIPA yakni Dr. Yuszda K. Salimi, M. Si dan Dr. Yayu Arifin, M.Si.

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, menungkapkan, kerjasama ini merupakan langkah strategis bagi UNG dalam melakukan akselarasi dalam menghasilkan penelitian bertaraf internasional.

“Melalui program ini diharapkan para peneliti di lingkungan UNG dapat melakukan penelitian secara terus-menerus, sehingga mampu meningkatkan kompetensi, menghasilkan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan daya saing, jumlah artikel ilmiah untuk dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi maupun terindeks,” harap Rektor.

#humasung

Agenda

13 Februari 2018

Coaching Peserta Perogram Pertukaran Mahasiswa LPTK UNG 2018

Pembekalan terhadap mahasiswa calon peserta program Pertukaran Mahasiswa LPTK/ Permata 2018

5 Februari 2018

Penandatanganan Nota Kesepahaman UNG -Pemda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Penandatangan Nota Kesepahaman antara pihak Universitas Negeri Gorontalo dengan Pemerintah Daerah Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara di Ruang Rapat Rektor, Lt. 3 Gedung Rektorat UNG

24 Januari 2018

Rapat Panitia Program Permata

Rapat pembahasan terkait program Permata oleh pantia program bersama Wakil Rektor IV UNG

26 September 2017

Rapat Pembahasan Program Internasionalisasi Mahasiswa

Rapat dalam rangka membicaakan program Internasionalisasi Mahasiswa oleh UPT. Kerja Sama dan Layanan Internasional